%0 Thesis %9 Masters %A MIFTAHUL JANNAH, NIM.: 20204031005 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54641 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi Guru, Asesmen Pembelajaran, TK Negeri Pembina Mataram %P 138 %T KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN ASESMEN PEMBELAJARAN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54641/ %X Latar belakang penelitian ini karena terdapat guru yang tidak linier dengan pendidikan anak usia dini dan adanya suatu akibat dari rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran, sehingga guru belum mampu melaksanakan asesmen pembelajaran secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran, serta mengetahui upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran di TK Negeri Pembina Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan 2 orang guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yang meliputi reduksi, penyajian dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran di TK Negeri Pembina Mataram telah diterapkan oleh para guru. 2) Faktor pendukung kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran di TK Negeri Pembina Mataram yaitu adanya sarana prasarana sekolah, adanya kerjasama yang baik antara kepala TK, para guru, dan para staff lainnya, berbagai macam bentuk pembinaan yang disampaikan oleh pengawas, buku pedoman yang digunakan sebagai acuan, adanya loyalitas dari para guru untuk melaksanakan asesmen pembelajaran, serta adanya sistematika penilaian di sekolah sebagai acuan guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran. Faktor penghambat kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran yaitu guru kurang menguasai teknologi, guru kurang mendapatkan wawasan terkait dengan asesmen, serta waktu yang tidak memadai untuk melaksanakan asesmen pembelajaran. 3) Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran adalah dengan mengikuti organisasi-organisasi keguruan, mengikuti kursus kependidikan, melanjutkan pendidikan, mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, workshop, webinar dan seminar %Z Pembimbing : Prof. Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd