TY - THES N1 - Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd. ID - digilib54646 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54646/ A1 - Wahyu Hidayat, NIM.: 08600112 Y1 - 2012/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk, mengembangkan modul matematika untuk memfasilitasi belajar matematika siswa inklusi dengan siswa difabelnetra. Modul ini akan dibuat dalam bentuk tulisan latin dan braile. Pengembangan modul pertama kali dilakukan dengan metode penelitian reseach and development (R&D). Langkah pertama menganalisis kurikulum terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan beberapa bahan materi sebagai rujukan. Setelah itu, dilakukan tahap pembuatan modul matematika inklusi. Kemudian, modul dikonsultasikan kepada dosen pembimbing untuk diberi masukan kemudian direvisi. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli materi dan dilakukan revisi kembali. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli media dan dilakukan revisi kembali. Hasil penilaian modul matematika untuk kelas inklusi modul tersebut mencapai nilai sangat baik. Kemudian, modul tersebut di ujikan dalam kelas kecil. Hasil uji coba lapangan modul jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan modul akan terlihat lebih meningkatkan. Beberapa penjelasan di atas menunjukan pengembangan modul dari mulai rancangan sampai uji coba lapangan menghasilkan hasil yang baik. Modul matematika untuk kelas inklusi ini dapat disimpulkan bahwa modul tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai modul yang baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengembangan Modul Braile KW - Siswa Difabelnetra KW - Pendidikan Inklusi M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI AV - restricted EP - 177 ER -