eprintid: 54646 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/46/46 datestamp: 2022-10-31 06:52:57 lastmod: 2022-10-31 06:52:57 status_changed: 2022-10-31 06:52:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wahyu Hidayat, NIM.: 08600112 title: PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI ispublished: pub subjects: in_klusif subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Modul Braile, Siswa Difabelnetra, Pendidikan Inklusi note: Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk, mengembangkan modul matematika untuk memfasilitasi belajar matematika siswa inklusi dengan siswa difabelnetra. Modul ini akan dibuat dalam bentuk tulisan latin dan braile. Pengembangan modul pertama kali dilakukan dengan metode penelitian reseach and development (R&D). Langkah pertama menganalisis kurikulum terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan beberapa bahan materi sebagai rujukan. Setelah itu, dilakukan tahap pembuatan modul matematika inklusi. Kemudian, modul dikonsultasikan kepada dosen pembimbing untuk diberi masukan kemudian direvisi. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli materi dan dilakukan revisi kembali. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli media dan dilakukan revisi kembali. Hasil penilaian modul matematika untuk kelas inklusi modul tersebut mencapai nilai sangat baik. Kemudian, modul tersebut di ujikan dalam kelas kecil. Hasil uji coba lapangan modul jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan modul akan terlihat lebih meningkatkan. Beberapa penjelasan di atas menunjukan pengembangan modul dari mulai rancangan sampai uji coba lapangan menghasilkan hasil yang baik. Modul matematika untuk kelas inklusi ini dapat disimpulkan bahwa modul tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai modul yang baik. date: 2012-08-08 date_type: published pages: 177 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Hidayat, NIM.: 08600112 (2012) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54646/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54646/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf