TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. ID - digilib54653 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54653/ A1 - Ngindana Zulfa, NIM.: 20204021023 Y1 - 2022/07/11/ N2 - Saat ini, teknologi banyak berperan dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi membawa dampak positif dan negatif pada proses pembelajaran. Salah satu dampak negatif teknologi bagi pelajar di MAN Salatiga adalah, siswa secara diam-diam menggunakan smartphone untuk game, chat, atau menonton video pada saat pembelajaran. Ketidakfokusan siswa pada materi pembelajaran berakibat pada rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab. Kehadiran media pembelajaran berbasis mobile learning ?El-Ibtikar? yang dapat diinstal pada smartphone siswa, diharapkan dapat menjadi solusi dari problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devolepment). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis mobile learning ?El-Ibtikar?, mengetahui kalayakan, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII MAN Salatiga setelah penggunaan media tersebut. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Sumber data pada penelitian ini adalah satu ahli media, satu ahli materi, satu guru bahasa Arab, 10 siswa di kelas XII, dan 36 siswa di kelas XII Agama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media ?El-Ibtikar? memuat tujuan, materi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab kelas XII yang disesuaikan dengan buku madrasah KSKK 2020 dan buku pendukung lainnya. (2) Pengembangan media pembelajaran ?El-Ibtikar? menggunakan platform Software Microsoft Power Point dan Adobe Animate. Media tersebut berukuran 26,08 MB dan dapat digunakan secara offline. (3) Media pembelajaran berbasis mobile learning ?El-Ibtikar? layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan persentase rata-rata angket respon peserta didik pada uji coba skala besar mendapatkan hasil sebesar 80,4%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori baik atau layak untuk digunakan. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan Uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS 25 dan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Nilai 0.000 lebih kecil dari 0.05. Sehingga, dapat diartikan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media. Nilai rata-rata sebelum penggunaan media sebesar 45,83, sedangkan sesudah penggunaan media sebesar 72,91. Adanya peningkatan hasil belajar juga dibuktikan dengan Uji N-Gain. Dari pengujian tersebut, didapatkan nilai peningkatan sebesar 0,62 dan termasuk dalam kriteria peningkatan sedang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengembangan Media KW - Mobile Learning KW - Hasil Belajar M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AV - restricted EP - 143 ER -