eprintid: 54656 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/46/56 datestamp: 2022-11-01 02:05:43 lastmod: 2022-11-01 02:05:43 status_changed: 2022-11-01 02:05:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Widya Prasanti, NIM.: 08600096 title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF (INDUCTIVE THINKING MODEL) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Pendekatan CTL, Model Berpikir Induktif, Pencapaian Belajar note: Pembimbing: Dra. Khurul Wardati M.Si dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan model berpikir induktif lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pencapaian belajar tuntas dan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak pada materi pokok prisma dan limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest only control design. Variabel penelitian terdiri dari 3 (tiga) variabel yaitu variabel bebas berupa pendekatan CTL menggunakan model berpikir induktif dan variabel terikat berupa pencapaian belajar tuntas dan minat siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 190 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara acak, sehingga diperoleh kelas VIIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes untuk mengetahui pencapaian belajar tuntas dan angket untuk mengetahui minat siswa. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis secara deksriptif dan data yang diperoleh melalui angket dianalisis secara inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh perhitungan pencapaian belajar tuntas kelas eksperimen adalah 87,1% dan kelas kontrol 23,3%. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilengkapi dengan pendekatan CTL menggunakan model berpikir induktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pencapaian belajar tuntas. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata minat kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata minat kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilengkapi dengan pendekatan CTL menggunakan model berpikir induktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap minat siswa. date: 2012-07-31 date_type: published pages: 252 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Widya Prasanti, NIM.: 08600096 (2012) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF (INDUCTIVE THINKING MODEL) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54656/1/BSB3US~M.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54656/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf