TY - THES N1 - Pembimbing: Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si. dan Irwan Nugraha, S.Si,. M.Sc. ID - digilib54660 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54660/ A1 - Yuli Andrianto, NIM.: 08670013 Y1 - 2012/08/10/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat distilasi dari barang bekas sebagai media pembelajaran kimia di SMP/MTs. Media pembelajaran berupa alat distilasi dari barang bekas dapat menjelaskan prinsip pemisahan campuran zat cair yang mempunyai perbedaan titik didih yang jauh berbeda dengan sampel campuran antara air dan metanol yang mempunyai perbedaan titik didih sekitar 350C. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan dan respon dari alat distilasi dari barang bekas yang dikembangkan. Validitas kelayakan dan respon dilakukan kepada tiga guru kimia SMP/MTs dan respon siswa SMP/MTs dari tiga sekolah yaitu 28 siswa SMP N 1 Sleman, 21 siswa SMP Ali Maksum, dan 21 siswa MTs. Mu?allimin Muhammadiyah sebagai pengguna. Pengembangan alat distilasi dari barang bekas ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapatkan masukan dari ahli media pembelajaran, ahli materi, dan peer reviewer. Instrumen penilaian alat distilasi dari barang bekas berupa angket yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru kimia dan respon dari siswa. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian dengan 25 unsur penilaian untuk guru kimia dan 6 aspek penilaian dengan 17 unsur respon untuk siswa. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas alat distilasi dari barang bekas. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa alat distilasi dari barang bekas yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kualitas alat distilasi dari barang bekas yang telah disusun berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMP/MTs memperoleh skor rata-rata 122,68 dari skor maksimal 125 dengan persentase keidealan 97,60%. Sedangkan skor dan persentase respon siswa SMP/MTs dari tiga sekolah yaitu 28 siswa SMP N 1 Sleman, 21 siswa SMP Ali Maksum, dan 21 siswa MTs. Mu?allimin Muhammadiyah memperoleh skor 15,80 dan persentase keidealan 91,57%, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengembangan Alat Distilasi KW - Barang Bekas KW - Media Pembelajaran KW - Pembelajaran Kimia di SMP/MTs M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMP/MTs AV - restricted EP - 298 ER -