TY - THES N1 - Pembimbing: Sumardyono, M.Pd. dan Dr. Ibrahim, M.Pd. ID - digilib54663 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54663/ A1 - Zahra Istiqomah, NIM.: 08600013 Y1 - 2012/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem dan pembelajaran secara konvensional. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Banjarnegara yang memiliki dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 67 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok. Pembagian kelompok tersebut tidak dilakukan secara acak, namun sesuai dengan pembagian yang sudah ada. 35 siswa kelas X6 sebagai kelompok kontrol dan 32 siswa kelas X7 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan skala disposisi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji-t sampel independen dan uji Mann-Whitney U. Pengujian dilakukan secara manual dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari uji-t skor posttest kemampuan komunikasi matematis adalah 2,201 lebih dari ttabel = 1,671 (H0 ditolak). Jadi, kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sedangkan nilai zhitung uji Mann-Whitney U skor posttest disposisi matematis adalah 1,651 lebih dari ztabel = 1,64 (H0 ditolak). Jadi, disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Open-Ended Problem KW - Komunikasi Matematis KW - Disposisi Matematis M1 - skripsi TI - PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA AV - restricted EP - 247 ER -