eprintid: 54663 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/46/63 datestamp: 2022-11-01 02:32:14 lastmod: 2022-11-01 02:32:14 status_changed: 2022-11-01 02:32:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zahra Istiqomah, NIM.: 08600013 title: PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Open-Ended Problem, Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis note: Pembimbing: Sumardyono, M.Pd. dan Dr. Ibrahim, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem dan pembelajaran secara konvensional. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Banjarnegara yang memiliki dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 67 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok. Pembagian kelompok tersebut tidak dilakukan secara acak, namun sesuai dengan pembagian yang sudah ada. 35 siswa kelas X6 sebagai kelompok kontrol dan 32 siswa kelas X7 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan skala disposisi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji-t sampel independen dan uji Mann-Whitney U. Pengujian dilakukan secara manual dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari uji-t skor posttest kemampuan komunikasi matematis adalah 2,201 lebih dari ttabel = 1,671 (H0 ditolak). Jadi, kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sedangkan nilai zhitung uji Mann-Whitney U skor posttest disposisi matematis adalah 1,651 lebih dari ztabel = 1,64 (H0 ditolak). Jadi, disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. date: 2012-08-08 date_type: published pages: 247 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zahra Istiqomah, NIM.: 08600013 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54663/1/BSB3US~M.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54663/2/BYJEKB~8.PDF