%0 Thesis %9 Skripsi %A Tyas Sholehatun Nissa, NIM.: 18106000008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54678 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah. %P 405 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54678/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika kelas VIII. Model pengembangan menggunakan model prosedural dengan prosedur pengembangan PPE (Planning, Production, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar soal tes, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar angket keterbacaan, dan lembar skala respon peserta didik. Subjek penelitian, yaitu validator ahli dan peserta didik sebagai subjek uji coba skala terbatas. Teknik pemilihan sampel uji coba skala terbatas menggunakan purposive sampling yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan peserta didik yang heterogen. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase keidealan penilaian ahli untuk pengolahan hasil penilaian kualitas LKPD dan perhitungan persentase keidealan untuk pengolahan skala respon peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap planning menghasilkan rencana produk yang dikembangkan, yaitu LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika kelas VIII, 2) Tahap production, menghasilkan LKPD sesuai dengan rancangan produk, 3) Tahap evaluation diperoleh penilaian dari para ahli dan respon peserta didik serta masukan sebagai bahan perbaikan proses pengembangan. LKPD berbasis PBL yang dihasilkan memuat langkah kerja kegiatan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran model PBL yang terdiri dari lima fase. LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid karena telah memperoleh kategori minimal baik dari validator pada komponen kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dengan persentase keidealan secara berturut-turut sebesar 76,06% (validator 1), 80,32% (validator 2), dan 87,77% (validator 3). Respon peserta didik terhadap LKPD dilihat dari aspek penampilan dan keterbacaan diperoleh respon sangat positif dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 85,31%. Jadi, LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika kelas VIII layak digunakan oleh peserta didik. %Z Pembimbing : Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc.