eprintid: 54701 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/47/01 datestamp: 2022-11-02 06:40:09 lastmod: 2022-11-02 06:40:09 status_changed: 2022-11-02 06:40:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Anang Makruf, NIM.: 18104090060 title: STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Strategi Pemasaran, Penerimaan Peserta Didik note: Pembimbing : Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag. abstract: Strategi pemasaran pada sekolah ditemukan adanya gap antara penelitian sebelumnya, dimana dipenelitian sebelumnya yang membahas terkait strategi pemasaran sekolah dilakukan disaat kondisi normal. Namun penelitian ini mengkaji bagaimana strategi pemasaran sekolah pada saat kondisi pandemi Covid-19. masa pandemi Covid-19 banyak ditemui kendala, sekolah tidak bisa melakukannya program door to door dalam kondisi pandemi yang memaksa setiap lembaga pendidikan untuk beradaptasi memasarkan lembaganya secara online, penelitian ini berupaya mengkaji terkait strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung yang masih bisa bertahan ditengah persaingan sekolah-sekolah negeri terutama di masa pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di, faktor penghambat dan pendorong, serta implikasi strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung tahun ajaran 2020-2021 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di SD Alkautsar Temanggung. Penelitian ini berupaya memberikan gambaran akurat mengenai strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung tahun ajaran 2020-2021 pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapkan strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru yang cukup efektif, mulai dari menetapkan strategi pasar sasaran, strategi pasar persaingan, hingga strategi bauran pemasaran (2) Faktor penghambatnya: tidak ada anggaran pemasaran, tim kerja, dan persaingan. (3) Faktor pendorong yaitu tenaga pendidik yang berkualitas, penempatan lokasi sekolah strategis dan kepercayaan masyarakat dan alumni masih tergolong tinggi. (4) Implikasinya ialah meningkatnya minat peserta didik baru, terciptanya loyalitas pelanggan, dan reputasi sekolah bagus. Alhasil dari tahun ketahun data menunjukan volume peningkatan jumlah peserta didik dari setiap tahun ajaran baru. Pada tahun 2018/2019 jumlah siswa pendaftar 56 kemudian mengalami kenaikan sejumlah 8 siswa pada tahun 2019/2020 dengan jumlah pendaftar 64 siswa, pada tahun 2020/2021 mengalami kenaikan sejumlah 10 siswa dengan total jumlah pendaftar 74 siswa. date: 2022-08-12 date_type: published pages: 206 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anang Makruf, NIM.: 18104090060 (2022) STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54701/1/18104090060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54701/2/18104090060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf