%0 Thesis %9 Skripsi %A Litfia Pujarisma, NIM.: 18104080060 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54717 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Implementasi, Baca Tulis Al Quran, Pembelajaran, Siswa/i Kelas IV, Pandemi. %P 123 %T IMPLEMENTASI BACA TULIS AL QURAN KELAS IV MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID19 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54717/ %X Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui penerapan membaca dan menulis Al Quran dalam pembelajaran Baca Tulis Al Quran di MI Wahid Hasyim. Penelitian ini sudah dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Proses penerapan membaca dan menulis Al Quran MI Wahid Hasyim dikemas dalam bentuk kegiatan Baca Tulis Al Quran yang merupakan program unggulan MI Wahid Hasyim dan juga rutin dilaksanakan pada setiap paginya. Pada penilitian ini, tentunya memiliki metode yang digunakan yaitu metode studi kasus (case study). Data yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui 3 tahapan, yaitu: mengumpulkan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/i MI Wahid Hasyim dalam melaksanakan baca tulis Al Quran di MI Wahid Hasyim dapat berjalan baik dengan bimbingan dari bapak/ibu guru MI Wahid Hasyim. Siswa/i sangat antusias dan senang dalam pembelajaran membaca dan menulis Al Quran walaupun siswa/i terhambat dengan pandemic. Namun hal demikian tidak menjadi alasan bagi siswa/i untuk terus belajar. Hal demikian dilihat dari pengamatan observasi dan wawancara dapat dikuatkan oleh dokumentasi bahwa siswa/i dan guru dapat menjalani baca tulis Al Quran dengan baik. Menurut siswa/i pembelajaran membaca menulis Al Quran sangat sudah membantu sekali disaat pandemic seperti ini, sehingga siswa/i dapat terus menulis, membaca disertai hafalan kepada guru pengampunya masing-masing yang bertugas sebagai fasilitator. Dalam hal tersebut tentunya sangat membuktikan bahwa proses pembelajaran baca tulis Al Quran MI Wahid Hasyim yang dilaksanakan setiap paginya oleh siswa/i dan juga guru pengampunya dapat berjalan dengan baik sehingga siswa/i tidak tertinggal dalam proses memahami Al Quran tingkat dasar. %Z Pembimbing : H. Jauhar Hatta, S. Ag, M.Ag.