TY - THES N1 - Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd, ID - digilib54722 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54722/ A1 - Oktaviana Qurota'ayun, NIM.: 18104080055 Y1 - 2022/08/04/ N2 - Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang pada kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien dan mengetahui faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien. Jenis penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes terdiri dari 4 soal cerita yang dikerjakan oleh semua siswa kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien yang berjumlah 17 siswa. Hasil dari pekerjaan siswa akan dianalisis menggunakan teknik analisis data model alir yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada lima tipe kesalahan yang dilakukan saat mengerjakan soal materi satuan panjang yaitu: kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan jawaban akhir. Sedangkan faktor penyebab kesalahannya adalah kurang cermat dalam membaca, tidak memahami keseluruhan dari soal, keliru dalam menentukan operasi matematika, tidak melakukan perhitungan dengan benar, dan tidak mampu menemukan hasil akhirnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Tipe kesalahan KW - faktor penyebab KW - satuan panjang M1 - skripsi TI - ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SATUAN PANJANG KELAS V MI MUHAMMADIYAH AL-MUTTAQIEN AV - restricted EP - 119 ER -