%A NIM.: 18104080004 Dini Haryati %O Pembimbing : H. Jauhar Hatta, S.Ag, M.Ag. %T IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN %X Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi secara langsung dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi, wawancara dengan pihak-pihak yang terkait, dan pengumpulan dokumen-dokumen sebagai pendukung, dengan latar belakang Lembaga SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Objek penelitian ini adalah guru tahfidz kelas IV, koordinator tahfidz Qur’an dan siswa kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan pengamatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan adalah: (1) pelaksanaan menghafal menggunakan metode talaqqi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan terdiri dari tahap yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi, (2) faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas, siswa masih kesulitan dalam mengatur waktu, kurang istiqomah dalam mentalaqqi ayat-ayat hafalan. Sedangkan dari faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya guru yang professional, lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih. %K Metode talaqqi, Menghafal Al-Qur’an %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54735