eprintid: 54736 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/47/36 datestamp: 2022-11-04 02:20:11 lastmod: 2022-11-04 02:20:11 status_changed: 2022-11-04 02:20:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Ninda Febriyanti, NIM.: 18104030025 title: PENERAPAN EKSTRAKULIKULER BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KULIT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI RA AR RAFIF NGAJEG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Ekstrakulikuler, Wayang Kulit, Anak Usia 5-6 tahun, Kemampuan Bercerita. note: Pembimbing: Eko Suhendro, M. Pd. abstract: Ekstrakulikuler Bercerita Menggunakan Media Wayang merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam kegiatan sekolah yang disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini, dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bercerita pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ekstrakulikuler bercerita menggunakan media wayang kulit untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak kelompok B di RA Ar Rafif Ngajeg Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan ekstrakulikuler bercerita menggunakan media wayang kulit tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi: pemandu esktrakulikuler dhalang cilik, pendidik, dan anak-anak usia kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan ekstrakulikuler dhalang cilik untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak kelompok B yang diawali dengan tahap perencanaan yaitu merencanakan materi cerita, metode penyampaian cerita, dan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan kegiatan yaitu kegiatan pembuka, inti, dan penutup, serta tahap evaluasi, (2) Faktor pendukung berjalannya kegiatan penerapan ekstrakulikuler dhalang cilik ialah ketertarikan anak-anak yang tinggi, kegiatan pengenalan dhalang cilik yang melatih kemampuan bercerita anak kelompok B, dukungan dari lingkungan, kelengkapan sarana dan prasarana yang telah tersedia untuk keberlangsungan pelaksanaan kegiatan, serta lokasi kegiatan yang aman dan nyaman karena berada di aula sekolah. Faktor penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler dhalang cilik kelompok B ialah dikarenakan masih dalam masa pandemi, maka pelaksanaan kegiatannya dibagi menjadi 2 kelompok secara bergantian dan terdapat beberapa anak yang sulit diatur, sehingga saat pelaksanaan suasananya kurang kondusif. date: 2022-07-19 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ninda Febriyanti, NIM.: 18104030025 (2022) PENERAPAN EKSTRAKULIKULER BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KULIT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI RA AR RAFIF NGAJEG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54736/1/18104030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54736/10/1Y3GJW~J.PDF