eprintid: 54746 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/47/46 datestamp: 2022-11-04 02:22:40 lastmod: 2022-11-04 02:22:40 status_changed: 2022-11-04 02:22:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Khizanaturrohmah Nur Maziyah, NIM.: 18106000018 title: PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: STEM, Kemampuan Berpikir Kritis, Trigonometri note: Pembimbing : Fina Hanifa Hidayati, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul dengan pendekatan STEM yang memenuhi kriteria valid untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahap pengembangan PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Kevalidan e-modul dilakukan melalui uji penilaian kualitas oleh para ahli sehingga dapat dinyatakan valid. Penilaian kualitas e-modul dilakukan oleh empat ahli materi dan empat ahli media. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, diperoleh persentase keidealan dari ahli materi sebesar 93,33% dan persentase keidealan dari ahli media sebesar 93,93%. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk pada kualifikasi sangat baik sehingga memenuhi kriteria valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul dengan pendekatan STEM ini layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. date: 2022-06-17 date_type: published pages: 179 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khizanaturrohmah Nur Maziyah, NIM.: 18106000018 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54746/1/18106000018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54746/2/18106000018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf