%A WINARNO - NIM. 07140099 %O Pembimbing: Drs. Djazim Rohmadi, M.Si. %T PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN REFERENSI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna terhadap pelayanan referensi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang aktif telah terdaftar menjadi anggota perpustakaan yang berjumlah 3.037, dari 3.037 tersebut diambil sampel dengan teknik menggunakan rumus yamane sehingga diperoleh 99 sampel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan empat metode, yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner (angket). Variabel penelitian yang digunakan untuk mengukur persepsi pengguna terhadap pelayanan referensi menggunakan lima dimensi: informasi, bimbingan, bibliografi, supervisi dan intruksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi pengguna terhadap pelayanan referensi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta dikategorikan baik, dengan total keseluruhan nilai rata-rata 2,75. yang terdiri dari: referensi sebagai informasi (2,76), referensi sebagai bimbingan (2,75), referensi sebagai bibliografi (2,74), referensi sebagai supervisi (2,76), referensi sebagai intruksi (2,72) Dari hasil penelitian ini perlu adanya kebijakan dengan pihak-pihak terkait dan evaluasi dalam pengadaan koleksi agar dapat relevan sesuai dengan kebutuhan pengguna. div %K Perpustakaan Perguruan Tinggi, Persepsi pengguna, Pelayanan Referensi. %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5476