relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54770/ title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) MASJID AT-TAQWA BALAPAN YOGYAKARTA creator: Fauzan Abdulloh, 18104020001 subject: PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan Modul pada mata pelajaran bahasa Arab untuk santri TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran bahasa Arab bagi santri TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui respon pendidik dan santri TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakarta terhadap modul pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan Rancangan penelitian yang digunakan adalah menggunakan rancangan atau metode research and development (R&D). Uji lapangan dilaksanakan di TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakart. Prosedur penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan, (3) mengembangkan materi, (4) memproduksi media, (5) memvalidasi, (6) melakukan uji coba perorangan dan uji coba lapangan, dan (7) merevisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas atau kelayakan modul yang dikembangkan peneliti berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan anak-anak TPA, serta komentar dan saran yang diberikan bahwa produk pembelajaran bahasa Arab layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi santri TPA. kelayakan tersebut dapat dilihat dari hasil validasi sebagai berikut: (1) Hasil validasi oleh ahli materi terhadap modul yang dikembangkan pada aspek materi menghasilkan skor 32 dengan rata-rata 4 dan dikategorikan 4 yaitu Baik. Sedangkan pada aspek pembelajaran menghasilkan skor 24 dengan rata-rata 4 dan dikategorikan 4 yaitu Baik. (2) Hasil validasi oleh ahli desain terhadap modul yang dikembangkan pada aspek desain menghasilkan skor 32 dengan rata-rata 4,57 dan dikategorikan Sangat Baik. Sedangkan pada aspek tampilan menghasilkan skor 34 dengan rata-rata 4,25 dan dikategorikan Baik. (3) Hasil respon pendidik terhadap modul yang dikembangkan pada aspek materi menghasilkan skor 36 dengan rata-rata 4 dan dikategorikan 4 yaitu Baik. Sedangkan pada aspek pembelajaran menghasilkan skor 32 dengan rata-rata 4 dan dikategorikan 4 yaitu Baik. 4) Hasil penilaian dalam skala luas oleh santri secara keseluruhan mendapatkan persentase 85%. Berdasarkan kepada skala persentase pencapaian maka kualitas desain pembelajaran, operasional dan komunikasi visual pada modul pembelajaran bahasa Arab bagi santri TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakarta termasuk dalam kategori “sangat baik” sehingga layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di TPA. (4) Hasil penilaian dalam skala luas oleh santri secara keseluruhan mendapatkan persentase 85%. Berdasarkan kepada skala persentase pencapaian maka kualitas desain pembelajaran, operasional dan komunikasi visual pada modul pembelajaran bahasa Arab bagi santri TPA Masjid At-Taqwa Balapan Yogyakarta termasuk dalam kategori “sangat baik” sehingga layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di TPA. date: 2022-06-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54770/1/18104020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54770/2/18104020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Fauzan Abdulloh, 18104020001 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) MASJID AT-TAQWA BALAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.