%0 Thesis %9 Skripsi %A Riyannanda Marwanto, NIM.: 18104010073 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54778 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Berpikir Kritis. %P 151 %T STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54778/ %X Latar belakang dari penelitian ini adalah pada saat ini para peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 yang disebut dengan 4C, yaitu critical thinking (berpikir kritis), collaboration (kolaborasi), creativity (kreativitas), dan communication (komunikasi) untuk mengahadapi tantangan zaman. Maka pendidikan di Indonesia juga harus berupaya untuk membuat para generasi penerus bangsa memiliki kemampuan 4C tersebut. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu dari keterampilan 4 C tersebut. Para guru termasuk guru PAI harus dapat memupuk kemampuan berpikir kritis peserta didiknya. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara terbuka, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Lalu untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bantul adalah jigsaw learning, team quiz, dan information search. 2) keterkaitan strategi-strategi pembelajaran tersebut dengan peningkan kemampuan berpikir kritis aialah karena strategi-strategi pembelajaran tersebut pada kegiatannya lebih berpusat kepada peserta didik. Hal tersebut akan membuat peserta didiknya untuk berpikir secara mandiri dan kritis karena juga dituntut untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan persoalan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru PAI. 3) Faktor pendukungnya yaitu mayoritas peserta didik memiliki kemampuan akademik yang baik, mayoritas sarana prasarana yang memadai, dan peserta didik yang penurut. Adapun faktor penghambatnya ialah waktu pembelajaran yang singkat, peserta didik yang kurang siap dengan materi pembelajarannya, dan kondisi ruang kelas yang kurang mendukung. %Z Pembimbing : Drs. H. Mujahid, M. Ag.