%A NIM.: 18104010061 Enlis Kurniati Illahi %O Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M. Si. %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI IPS 2 DI MAN 2 YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini adalah belum efektifnya implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran fikih, masih ada beberapa kendala dalam implementasi pembelajaran fikih. Antara lain kurangnya pemahaman guru dalam memahami pendekatan saintifik dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran fikih, serta apa saja yang menjadi pendukung dan kendala dilaksanakannya pembelajaran fikih dalam implementasi pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan jenis peneitian kualitatif dengan guru fikih dan siswa kelas XI IPS 2 di MAN 2 Yogyakarta sebagai informan penelitian. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini lebih banayk menggunakan triangulasi sumber. Adapun analisis datanya menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), dan Penyajian Data (data display). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan kriteria pendekatan saintifik, misalnya siswa belum mampu melaksankaan proses pendekatan saintifik dalam hal mengomunikasikan. (2). Faktor pendukung dari diterapkannya pendekatan saintifik adalah pendidik bisa bebas mencari sumber darimana saja bisa dari internet, buku penerbit, dan dari sumber lain yang mendukung. Pendidik juga lebih mudah dalam menyusun perencanaan pembelajaran tersebut, faktor pendukung lainnya adalah adanya sarana dan prasarana menjadi faktor yang paling penting, seperti halnya di sekolah ini sudah disediakan wifi untuk mempermudah siswa dan guru dalam mengakses informasi darimana saja dan tidak hanya tertuju pada satu arah, dan pada setiap kelas sudah disediakan media berupa LCD proyektor untuk menunjang pembelajaran siswa. Terdapat beberapa hambatan didalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, diantaranya adalah: Rendahnya rasa keingintahuan peserta didik, sehingga guru perlu memberikan perhatian lebih agar peserta didik bisa lebih aktif lagi dalam melakukan pembelajaran. %K Implementasi, Pendekatan, Pembelajaran Fikih %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54787