@phdthesis{digilib54789, month = {August}, title = {Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Larutan Asam Basa untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16670040 Meli Apriyanti}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Agus Kamaludin M.Pd.}, keywords = {penelitian pengembangan, modul, scientific approach, larutan asam bas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54789/}, abstract = {Scientific approach adalah pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung baik menggunakan observasi, eksperimen maupun cara yang lainnya sehingga informasi atau data yang diperoleh valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Scientific approach dapat meningkatkan pemahaman pada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, mencari informasi dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas modul pembelajaran berbasis scientific approach pada materi larutan asam basa dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangkan (R\&D) dengan model pengembangan Thiagarajan yang disebut dengan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop saja. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan kualitas produk ini dinilaikan kepada ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia kelas SMA/MA). Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket dengan skala likert. Produk yang dikembangkan adalah media cetak dengan ukuran A5. Produk berisi materi larutan asam basa dengan pendekatan scientific approach. Persentase hasil penelitian produk oleh ahli materi sebesar 93,75\% dengan kategori sangat baik (SB), ahli media mendapat nilai sebesar 80\% dengan kategori baik (B), dan reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapat nilai sebesar 91,36\% dengan kategori sangat baik (SB).} }