eprintid: 54812 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/48/12 datestamp: 2022-11-08 01:17:55 lastmod: 2022-11-08 01:17:55 status_changed: 2022-11-08 01:17:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Rifa Rizkia Fakhrini, NIM.: 17104090046 title: IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Hybrid Learning, metode pembelajaran, pembelajaran jarak jauh, SMP N 1 Pameungpeuk note: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan siswa dan guru di SMP Negeri 1 Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat dalam melangsungkan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19. Keterbatasan tersebut memengaruhi pemahaman belajar siswa sehingga pembelajaran dirasa kurang efektif. Adanya Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 4/KB/2020 yang menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka diperbolehkan dengan memenuhi persyaratan dan protokol kesehatan yang sudah ada penetapannya atau sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah. Alternatif yang dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kondisi saat ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran hybrid learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan implementasi hybrid learning di SMP N 1 Pameungpeuk sebagai solusi bagi siswa yang terkendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan didapati informan kunci kepala sekolah, informan utama guru, dan informan tambahan siswa SMP N 1 Pameungpeuk. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transcript, coding, grouping, dan comparing & contrasting serta dalam menganalisa keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hybrid learning yang diterapkan SMP N 1 Pameungpeuk dapat menjadi solusi bagi siswa yang terkendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh; (2) Hybrid learning memberikan kesempatan bagi guru untuk mengetahui keadaan, karakter, dan perkembangan akademik siswa; (3) Penyesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan adalah RPP satu lembar, waktu belajar yang digunakan adalah tiga puluh menit pada setiap mata pelajaran dengan memanfaatkan beberapa aplikasi, evaluasi dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa. date: 2022-04-22 date_type: published pages: 141 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rifa Rizkia Fakhrini, NIM.: 17104090046 (2022) IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54812/1/17104090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54812/2/17104090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf