@phdthesis{digilib54819, month = {July}, title = {PENGARUH PERKULIAHAN DARING DAN KETERAMPILAN DOSEN MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104090089 Rizka Amelia}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag, MA.}, keywords = {perkuliahan daring, keterampilan dosen mengajar, motivasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54819/}, abstract = {Motivasi belajar berperan penting atas keberhasilan proses pembelajaran. Sistem perkuliahan daring dan dosen sebagai salah satu SDM dalam bidang pendidikan perlu memperhatikan kualitas keterampilannya dalam mengajar karena berpengaruh terhadap tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tentang motivasi belajar dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan daring (X1) dan keterampilan dosen mengajar terhadap motivasi belajar (X2) terhadap motivasi belajar (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Cylton Alderfer dan Robert M. Gagne tentang pengaruh perkuliahan daring terhadap motivasi belajar. Penelitian ini melibatkan 348 mahasiswa untuk dijadikan populasi, dengan sampel sebanyak 189 mahasiswa yang penentuannya berdasarkan rumus Slovin. Sementara itu, penentuan sampel didasarkan atas random table. Analisis dilakukan melalui SPSS 22 dengan melakukan uji korelasi (bivariat dan parsial) dan uji regresi (regresi linier berganda). Koefisien korelasi bivariat variabel perkuliahan daring dengan motivasi belajar lebih besar dibandingkan koefisien korelasi bivariat keterampilan dosen mengajar dengan motivasi belajar, yakni 0,747 {\ensuremath{>}} 0,563. Sedangkan hasil uji korelasi parsial hubungan perkuliahan daring dan motivasi belajar dengan variabel kontrol keterampilan dosen mengajar, menunjukkan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,669. Koefisien korelasi bivariat dan koefisien korelasi parsial kemudian dibandingkan, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa: ryx {\ensuremath{>}} ryxz = 0,747 {\ensuremath{>}} 0,669, artinya variabel perkuliahan daring (X1) tidak berhubungan secara langsung terhadap motivasi belajar (Y) dikarenakan adanya mediasi dari variabel keterampilan dosen mengajar (X2). Keterampilan dosen mengajar menjadi mediator dalam meningkatkan pengaruh perkuliahan daring terhadap motivasi belajar. Hasil ini didukung dengan analisis regresi yang menunjukkan bahwa kontribusi keterampilan dosen mengajar dalam meningkatkan perkuliahan daring lebih kecil dibandingkan perkuliahan daring dengan persamaan regresi linier berganda Y = 14,728 + 1,286 X1+ (-0,451) X2. Perkuliahan daring dan keterampilan dosen mengajar mampu menjelaskan variabilitas motivasi belajar sebanyak 62,2\%. Sisanya sebesar 37,8\% diterangkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian} }