TY - THES N1 - Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc. ID - digilib54822 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54822/ A1 - Riyan Tsabit Janany, NIM.: 17106090009 Y1 - 2022/08/26/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi model sikap dan pendekatan siswa dalam pemecahan masalah fisika 2) mengetahui konsistensi penggunaan model sikap dan pendekatan siswa dalam pemecahan masalah fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 173 siswa SMA N 1 Sidareja di Kabupaten Cilacap. Sampel tersebut dipilih menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner Attitudes and Approaches to Problem Solving (AAPS) yang dikembangkan oleh Mason & Singh (2016). Hasil tanggapan siswa pada kuisioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis model. Kelebihan dari metode ini adalah dapat merepresentasikan kecenderungan kondisi pengetahuan siswa dalam menggunakan suatu model. Selain itu, generalisasi yang dilakukan melalui matriks densitas kelas, nilai eigen, dan vektor eigen memungkinkan peneliti untuk menarik banyak informasi tentang kondisi pengetahuan siswa. Penelitian ini menunjukkan dengan baik penggunaan metode analisis model untuk mengeksplorasi hasil tanggapan siswa pada instrumen non tes yaitu kuisioner. Hasil dari plot model menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih memiliki sikap dan pendekatan dalam pemecahan masalah fisika yang tidak sesuai dengan para ahli. Estimasi model menunjukkan 2 model yang digunakan siswa yaitu model 1 dan model campuran. Matriks densitas kelas dan nilai eigen (>0,65) pada setiap indikator mengindikasikan bahwa siswa tidak konsisten dalam menggunakan modelnya dan kebanyakan siswa menggunakan model yang sama. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - model KW - analisis model KW - sikap dan pendekatan KW - pemecahan masalah. M1 - skripsi TI - ANALISIS MODEL MENTAL SIKAP DAN PENDEKATAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA AV - restricted EP - 172 ER -