%0 Thesis %9 Skripsi %A Dwi Yuni Astuti, NIM. 98222515 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2003 %F digilib:54839 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penghayatan Makna Shalat, Kebermaknaan Hidup, Siswa MAN Tempel Sleman Yogyakarta %P 154 %T HUBUNGAN ANT ARA PENG HAY AT AN MAKNA SHA LAT DAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54839/ %X Penghayatan makna shalat siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tempel Sleman Y ogyakarta cukup positif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan data yang menunjukkan bahwa sebanyak 41 orang ( 41 % ) responden memiliki penghayatan makna shalat positif, sebanyak 47 orang (47%) memiliki penghayatan makna shalat cukup positif dan sebanyak 12 orang (12%) responden memiliki penghayatan makna shalat yang kurang positif. Kebermaknaan hidup siswa Madrasah Aliyah (MAN) Tempel, Sleman Y ogyakarta cukup positif dengan data yang diperoleh rata-rata sedang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan data yang menunjang bahwa sebanyak 13 orang (13%) responden memiliki kebermaknaan hidup positif, sebanyak 71 orang (71 %) responden memiliki kebermaknaan hidup cukup positif dan 16 orang (16%) responden memiliki kebermaknaan hidup yang kurang positif 3. Dari tabel silang yang dilakukan dapat diketaui bahwa dari data tersebut seo;lah-olah tidak mengesankan adanya hubungan antara penghayatan makna shalat dan kebermaknaan hidup pada siswa MAN Tempel. Setelah dilakukan penghitungan melalui tabel silang untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penghayatan makna shalat dan kebermaknaan hidup pada siswa MAN Tempel maka dilakukan penghitungan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan korelasi product moment. Setelah dihitung menggunakan analisis statistik korelasi produst moment maka dapat diketahui ada hubungan antara penghayatan makna shalat dan kebermaknaan hidup pada siswa MAN Tempel, dan hubungannya adalah sedang. %Z Pembimbing : Dra. Siti Zawimah SU,