TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Murtono , M.Si ID - digilib5485 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5485/ A1 - ROIS MUNGALIM - NIM. 05460006 Y1 - 2011/02/04/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini merupakan development research model 4D, yang meliputu proses define, design, develop dan disseminate dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Pejagoan sebanyak 39 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dirancang pada tahap design dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan pada tahap define. perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode pembelajaran Teacher-Student Demeonstration pada tahap develop. Pengembangan p[erangkat pembelajaran menggunakan metode ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari data hasil observasi aktivitas belajar, sedangkan data pemahaman konsep diperoleh dengan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang berupa data aktivitas belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase keberhasilan dan data prestasi belajar siswa dengan perbandingan nilai posttest uji coba I dengan posttest uji coba II dan posttest ujicoba III. Berdasarka hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP,LKS dan Lembar Evaluasi dengan metode Teacher-Student Demonstration pada pokok bahasan pemantulan cahaya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VIII C SMP N I Pejagoan. Selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep tahap uji coba I-III. Pada uji coba I aktivitas belajar siswa sebesar 64,89%, uji coba II sebesar 71,62%, dan uji coba III sebesar 80,03%. Pemahaman konsep dapat dilihar dari adanya peningkatan hasil posttest dari uji coba I-III. Nilai posttest uji coba I adalah 6.64, uji coba II adalah 70,03, dan uji coba III adalah 7,72. Hasil angket yang diberikan di akhir uji coba III menampakkan tanggapan positif yaitu 81,74%. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - aktivitas KW - pemahaman konsep KW - demonstration KW - cahaya M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEACHER-STUDENT DEMONSTRATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA AV - restricted ER -