%A NIM.: 96222110 Rekso Sabda %O Pembimbing: Drs. Aziz Muslim, M.Pd %T STUDI TENTANG KONSEP PEMBENTUKAN JIWA SOSIAL ANAK DALAM AL-QUR' AN %X Keluarga merupakan kelompok sosial yang pertama dalam kehidupan manusia. Adapun keluarga itu, bukanlah semata-mata berupa hubungan dengan orang tua, melainkan juga dengan saudara, kakek dan nenek, yang akan mempengaruhi sikap anak terhadap orang yang di luar lingkungan rumah. Pola perilaku tindak sosial yang dibina semasa kanak-kanak awal (masa pembentukan) akan menentukan juga setelah anak menjadi orang dewasa. Banyaknya pangalaman kebahagiaan sangat mendorong anak untuk mencari pengalaman semacam itu lagi dan untuk menjadi orang yang mempunyai sifat sosial. Skripsi ini bersifat penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan dalam penelitian ini metode pengolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif analatik. Hasil penelitian ini adalah 1. Setiap anak yang batu lahir memiliki potensi untuk berinteraksi sosial, yang masih bersifat fitrah. Dan potensi interaksi sosial tidak akan terbentuk dan berkembang tanpa adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor hereditas, lingkungan keluarga, interaksi sosial. Keluarga memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam membentuk anak-anak supaya memiiiki jiwa (periiaku) sosiai. Oleh karena itu anak-anak hendaknya dididik dan dibimbing ke arah hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial yang selalu dilandasi oleh nilai-nilai moral, norma-nonna sosial yang sesuai dengan aj aran Islam dan diimbangi dengan perkembangan jiwa anak secara psikologis. 2. Metode-metode yang diberikan kepada anak merupakan penunjang terhadap proses perkembangan jiwa sosial anak dan sesuai dengan usia perkembangan jiwa anak. Adapun ajaran Al-Qur'an yang berhubungan dengan hubungan sosial manusia mengandung nilai-nilai moralilas, akhlaq (jiwa sosial) merupakan penunjang dan konsep yang patut dikembangkan dan dimengerti serta dipahami secara mendalam. Agar supaya kelak anak tiqak kaku dalarn berinteraksi sosial di qrnsa mendatang. %K hereditas; perkembangan anak; interaksi sosial; pola asuh %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54858