@phdthesis{digilib54867, month = {October}, title = {STUDI TENTANG METODE BIMBINGAN KONSELING AGAMA PADA SISWA BERMASALAH DI SMK NEGERI 1 KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 96222122 Abu Bakar Abdul Wahab}, year = {2003}, note = {Pembimbing: Dra. Nurjannah, M.Si}, keywords = {psikologis siswa; bimbingan konseling; siswa bermasalah; generasi muda}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54867/}, abstract = {Generasi muda sebagai harapan bangsa merupakan aset yang penting bagi kesinambungan kehidupan bangsa Indonesia. Remaja merupakan sumber daya manusia indonesia bagi kesinambungan kepemimpinan bangsa perlu dipersiapkan kematangan pemikiran dan kepribadiannya. Permasalahan yang dihadapi remaja sangat kompleks, meliputi berbagai lingkungan yang menjadi kehidupan mereka. Baik lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Salah satu contoh adalah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I (SMK N) Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Siswa SMK Negeri I Kalasan merupakan siswa yang heterogen. Dimana setiap siswa memiliki latar belakang pendidikan, keluarga, lingkungan dan agama yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan interview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari lapangan, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari data dan fakta yang mengandung sifat kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1. Masalah yang sering dihadapi siswa a. Masalah Belajar b. Masalah Pergaulan c. Masalah Ekonomi d. Masalah Keluarga 2. Metode Bimbingan Konseling Agama yang digunakan a. Metode Individual Langsung dengan teknik Directive Counselling b. Metode Individual Langsung dengan teknik Non Directive Counselling c. Metode Individual Langsung dengan teknik kunjungan rumah (Home Visit) d. Metode Kelompok Langsung Disamping itu sebagai penunjang dalam menerapkan metode bimbingan konseling agama pada siswa bermasalah adalah: a. Metode penasehatan b. Agama sebagai Dasar Bimbingan} }