TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Satino, M.Si. ID - digilib5487 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5487/ A1 - TOHA NASRUDDIN - NIM. 04451078, Y1 - 2011/02/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X B MAN Tempel dalam meningkatkan Partisipasi dan Prestasi belajar biologi pada materi Keanekaragaman Hayati. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X B MAN Tempel Tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar soal pre test dan post test siklus I dan siklus II. Data pre test dan post test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus II dengan nilai rata-rata post test siklus I. Hasil penelitian menunjukan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X B MAN Tempel dapat meningkatkan Partisipasi dan Prestasi belajar siswa dengan peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 1,51. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Prestasi belajar KW - Keanekaragaman Hayati M1 - skripsi TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X B MAN TEMPEL YOGYAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI AV - restricted ER -