@phdthesis{digilib54894, month = {July}, title = {KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA, TINGKAT KELAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP N I SEDAYU TAHUN AJARAN 2011/ 2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08220055 Maryono}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dr. Casmini M.Si.}, keywords = {Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Tingkat Kelas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54894/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, sedangkan kecerdasan emosional sebagai variabel dependen. Tingkat kelas dalam penelitian ini sebagai variabel kontrol. Penelitian ini dilakukan terhadap 232 siswa SMP N I Sedayu yang diambil secara proportionate stratified random sampling. Hipotesis kerja dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh antara tingkat kelas terhadap hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar, tingkat kelas dan prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan teknik Chi Square Test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tingkat kelas terhadap hubungan motivasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa. Selain itu, tingkat kelas tidak mempengaruhi hubungan prestasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa.} }