eprintid: 54912 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/49/12 datestamp: 2022-11-09 04:28:04 lastmod: 2022-11-09 04:28:04 status_changed: 2022-11-09 04:28:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Vitra Ariningtyas, NIM.: 08210012 title: ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011 ispublished: pub subjects: gen_der subjects: sj_MM divisions: jur_pmi full_text_status: restricted keywords: Iklan Televisi, Perempuan, Promosi Produk note: Pembimbing: Dr. Musthofa, S. Ag., M. Si abstract: terdapat dalam iklan televisi tahun 2011. Iklan-iklan saat ini baik di media cetak, audio maupun visual lebih menekankan unsur pencitraan dalam mempromosikan produk ketimbang promosi produk itu sendiri. Sehingga citra yang disajikan memberikan pengaruh tersendiri bagi model iklan dimata pemirsa. Posisi perempuan muslim dalam iklan ini berada sebagai obyek pertama, yaitu sebagai model iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan muslim yang ditampilkan oleh pengiklan dan aspek yang digunaka pengiklan dalam menampilkan perempuan muslim dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang digunakan dalam iklan tersebut untuk mencitrakan perempuan muslim. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan ilmu dan teori-teori komunikasi serta dapat menambah pengetahuan dan menjadi masukan bagi pihak agensi periklanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotik Charles S. Peirce yaitu teori segi tiga makna sebagai teknik analisis data. Berdasarkan analisis penelitian dengan pendekatan semiotik Charles S. Peirce maka dapat disimpulkan bahwa dalam visualisasi iklan televisi tahun 2011, terdapat aspek perempuan muslim yang digunakan untuk mempromosikan produk, yaitu aspek pakaian. Kemudian dari penelitian ini juga didapat beberapa citra yang ditekankan pengiklan kepada perempuan muslim sebagai model iklan yaitu yang pertama citra sopan dan lembut saat bicara. Perempuan muslim ditampilkan sebagai sosok yang berperilaku sopan dan bertutur kata lembut. Kedua, citra akhlak yang baik. Pada citra ini perempuan muslim dihadirkan dengan pribadi yang baik seperti yang diajarkan Rasulullah saw. date: 2012-07-23 date_type: published pages: 93 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Vitra Ariningtyas, NIM.: 08210012 (2012) ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54912/1/BSR087~Z.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54912/2/BAB%20II%2C%20III.pdf