%A NIM.: 18105030100 Amirul Haqi %O Pembimbing : Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag %T KONSEP PENDIDIKAN MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM KITAB TAFSIR AL MISBAH %X Pendidikan memang suatu hal yang menjadi keharusan bila kita memiliki kemampuan, baik kemampuan dari segi materi maupun dari segi pengetahuan. Dengan pendidikan kita dapat meningkatkan ilmu yang dimiliki. Penelitian ini bersifat library research yang membahas tentang Konsep Pendidikan Menurut M. Quraish Shihab Dalam Kitab Tafsir al-Misba>h. Penelitian ini berawal dari kurangnya perhatian terhadap pendidikan di era sekarang, sekaligus dalam penelitian ini juga dilengkapi dengan kata kunci dasar dari pendidikan, seperti : Ta’lim, Ta’dib, dan Tarbiyah dalam al-Qur’an Penulisan ini juga dilengkapi dengan manfaat serta komponen dari suatu pendidikan, Pada perjalanan penulisannya, tulisan ini merujuk kepada kitab Tafsir Al-Misba>h karya M. Quraish Shihab yang kaya akan penjelasannya. Maka dari itu sangat perlu untuk dikaji penafsirannya terhadap ayat-ayat pendidikan. Penelitian ini bertusaha menjawab permasalahan pendidikan yang terjadi pada masyarakat saat ini. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran terhadap ayat pendidikan Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis library research serta untuk mencapai dari pada hasil penelitian tersebut dibutuhkan juga menganalisis ayat-ayat al-Qur’an dengan menggunakan metode tematik (maudhu’i) oleh Al-Farmawy. Hasil dari penelitian ini: Pertama, kata Tarbiyah dalam surah Luqman: 17 menurut Tafsir al-Misba>h mendidik anak dalam perihal keagamaan dan mendidiknya dengan penuh rasa kasih sayang serta kesabaran. Kedua kata Ta’lim dalam surah al-‘Alaq : 5 menurut Tafsir al-Misba>h mengajarkan apa yang belum diketahui oleh manusia. %K Al-Qur’an, Pendidikan, Tafsir Al-Misba>h. %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54927