relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/ title: KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT creator: Nia Pramudita Saputri, NIM.: 08600101 subject: Evaluasi Pendidikan subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Matematika description: problem posing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, apakah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) lebih efektif daripada model konvensional, serta manakah model pembelajaran problem posing dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) yang lebih efektif yang semua itu ditinjau dari kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012.. Untuk memperoleh data digunakan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) daripada model pembelajaran problem posing dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. date: 2012-07-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/1/BSB3US~M.PDF format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: Nia Pramudita Saputri, NIM.: 08600101 (2012) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.