TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Sugiyono, M.Pd dan Mulin Nu?man, M.Pd ID - digilib54939 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/ A1 - Nia Pramudita Saputri, NIM.: 08600101 Y1 - 2012/07/09/ N2 - problem posing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, apakah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) lebih efektif daripada model konvensional, serta manakah model pembelajaran problem posing dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) yang lebih efektif yang semua itu ditinjau dari kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012.. Untuk memperoleh data digunakan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) daripada model pembelajaran problem posing dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Keefektifan KW - Problem Posing KW - Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) KW - Soal Cerita M1 - skripsi TI - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT AV - restricted EP - 218 ER -