eprintid: 54939 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/49/39 datestamp: 2022-11-10 02:36:28 lastmod: 2022-11-10 02:36:28 status_changed: 2022-11-10 02:36:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nia Pramudita Saputri, NIM.: 08600101 title: KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Keefektifan, Problem Posing, Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition), Soal Cerita note: Pembimbing: Drs. Sugiyono, M.Pd dan Mulin Nu’man, M.Pd abstract: problem posing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, apakah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) lebih efektif daripada model konvensional, serta manakah model pembelajaran problem posing dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) yang lebih efektif yang semua itu ditinjau dari kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012.. Untuk memperoleh data digunakan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) dibanding model pembelajaran konvensional dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compocition) tidak lebih efektif (sama) daripada model pembelajaran problem posing dengan nilai sig sebesar 0,079 terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. date: 2012-07-09 date_type: published pages: 218 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nia Pramudita Saputri, NIM.: 08600101 (2012) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/1/BSB3US~M.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54939/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf