relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54954/ title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS creator: Prasetya Dewi Anjarsari, NIM.: 07600034 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1).Efektivitas pembelajaran melalui metode make a match dibandingkan dengan metode konvensional terhadap keaktifan belajar, 2).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match terhadap pemahaman konsep, 3).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan metode konvensioanl terhadap keaktifan belajar, 4).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan dengan metode konvensional terhadap pemahaman konsep, 5).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap keaktifan belajar, 6). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebas berupa metode make a match, metode scramble, dan metode konvensional, serta variabel terikat yang berupa keaktifan belajar dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs ma’arif NU 1 Wangon tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilanjutkan dengan simple random sampling, diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII G sebagai kelas eskperimen 2, dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova yang dilanjutka dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 2). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 3). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 4). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,044 < 0,05. 5). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,005 < 0,05. 6). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,030 < 0,05. Kata kunci: Make a match, scramble, keaktifan belajar, keaktifan belajar. date: 2012-03-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54954/1/BSB3US~M.PDF format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54954/2/BYJEKB~8.PDF identifier: Prasetya Dewi Anjarsari, NIM.: 07600034 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.