%A NIM.: 07600034 Prasetya Dewi Anjarsari %O Pembimbing: Moch. Farhan Qudratullah, S.Si., M.Si %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1).Efektivitas pembelajaran melalui metode make a match dibandingkan dengan metode konvensional terhadap keaktifan belajar, 2).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match terhadap pemahaman konsep, 3).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan metode konvensioanl terhadap keaktifan belajar, 4).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan dengan metode konvensional terhadap pemahaman konsep, 5).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap keaktifan belajar, 6). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebas berupa metode make a match, metode scramble, dan metode konvensional, serta variabel terikat yang berupa keaktifan belajar dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs ma’arif NU 1 Wangon tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilanjutkan dengan simple random sampling, diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII G sebagai kelas eskperimen 2, dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova yang dilanjutka dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 2). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 3). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 4). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,044 < 0,05. 5). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,005 < 0,05. 6). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,030 < 0,05. Kata kunci: Make a match, scramble, keaktifan belajar, keaktifan belajar. %K Metode Pembelajaran, Metode Make a match, Metode Scramble, Metode Konvensional %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54954