%0 Thesis %9 Skripsi %A Purna Bayu Nugroho, NIM.: 08600095 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2012 %F digilib:54957 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Kooperatif, Tipe Talking Stick, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), metode pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Hasil Belajar %P 90 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TALKING STICK DAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN MAGUWOHARJO SLEMAN (PENELITIAN EKSPERIMEN POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54957/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dengan metode talking stick dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain Posttest-only control design di mana subjek penelitiannya adalah siswa MAN Maguwoharjo kelas X tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan soal posttest dan analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 70,8 dan kelas kontrol 61,9. Uji t menunjukkan bahwa hasil posttest memiliki nilai %Z Pembimbing: Suparni, M.Pd. dan Mulin Nu’man, M.Pd.