TY - THES N1 - Pembimbing: Drs.Usman, SS., M.Ag. ID - digilib5496 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5496/ A1 - DIDIK FATKUL ANWAR - NIM. 06410103, Y1 - 2011/02/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang nilai pendidikan moral dalam pesan-pesan K. H. Ahmad Dahlan serta mencari relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka (Library Research), yaitu studi tentang nilai pendidikan moral dalam pesan-pesan K. H. Ahmad Dahlan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan cara mencari, memilih, menyajikan dan menganalisis data-data dari literatur atau sumber-sumber yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data yang digunakan analisis hermeneutik. yaitu proses penelaahan isi dan maksud yang menafsirkan sebuah teks sampai pada maknanya yang terdalam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai pendidikan moral yang terkandung dalam pesan-pesan Ahmad Dahlan adalah: (a) Nilai pendidikan moral kepada Tuhan : pelajaran tentang keutamaan doa, pelajaran tentang kematian, selalu bersyukur, menghindari hawa nafsu, dll. (b) Nilai pendidikan moral kepada sesama manusia : ikhlas dalam beramal, tolong-menolong, saling menghargai, menghindari sifat JUBRIYA (ujub, kikir, riya'), terbuka terhadap kritikan, para pemimpin rakyat harus berani berkorban dengan harta benda dan jiwanya dalam kebenaran, toleransi, saling memahami, mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, berhati dan berpikiran suci serta berjiwa adil. (2) Relevansi antara Pendidikan Islam dan nilai pendidikan moral Ahmad Dahlan adalah: (a) Pendidikan Islam dan Pendidikan moral Ahmad Dahlan memiliki paradigma yang sama, yaitu pendidikan yang berwawasan semesta, artinya pendidikan yang berparadigma transendensi (ketuhanan) dan objektifikasi (kemanusiaan dan kealaman). (b) Pendidikan Islam sebagai sarana untuk menginternalisasikan ruh moral kepada peserta didik agar peserta didik memiliki karakter moral yang kuat. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - K.H. Ahmad Dahlan KW - Pendidikan moral M1 - skripsi TI - NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM PESAN-PESAN K.H AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN MATERI) AV - public ER -