eprintid: 54971 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/49/71 datestamp: 2022-11-10 04:47:23 lastmod: 2022-11-10 04:47:23 status_changed: 2022-11-10 04:47:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Risti Fiyana, NIM.: 08600076 title: PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA PADA KELAS X INKLUSI DENGAN SISWA DIFABEL NETRA) ispublished: pub subjects: in_klusif subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, Matematika SMA, Sekolah Inklusi, Siswa Difabel Netra note: Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd dan Dr. Ibrahim, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran menggunakan LKS dan siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran tanpa menggunakan LKS. Jika ada perbedaan peningkatan, untuk mengetahui profil perbedaan peningkatan tersebut. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan LKS dan variabel terikat berupa kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, XB sebagai kelas eksperimen dan XD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Instrumen penelitian ini adalah tes dan skala. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik inferensial. Data yang dianalisis adalah skor peningkatan (normalized gain). Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran menggunakan LKS dan siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran tanpa menggunakan LKS. Profil rata-rata peningkatan kemandirian belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol, dan persebaran skor peningkatan kemandirian belajar matematika kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Profil rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol, dan persebaran skor peningkatan pemahaman konsep matematika kelas kontrol lebih heterogen dari kelas eksperimen. date: 2012-06-25 date_type: published pages: 328 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Risti Fiyana, NIM.: 08600076 (2012) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA PADA KELAS X INKLUSI DENGAN SISWA DIFABEL NETRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54971/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54971/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf