eprintid: 54975 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/49/75 datestamp: 2022-11-10 07:01:58 lastmod: 2022-11-10 07:01:58 status_changed: 2022-11-10 07:01:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rokhmi Astiti, NIM.: 08600064 title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Penilaian Unjuk Kerja, Direct Instruction, Hasil Belajar. note: Pembimbing: Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd. dan Mulin Nu’man, M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan direct instruction (2) untuk mengetahui keefektifan penggunakan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sanden tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 213 siswa. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan PBL dengan teknik penilaian unjuk kerja dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keefektifan pendekatan PBL. Teknik penilaian yang digunakan yaitu teknik penilaian unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan direct instruction. Penggunakan pendekatan direct instruction ternyata lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja. date: 2012-06-22 date_type: published pages: 95 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rokhmi Astiti, NIM.: 08600064 (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54975/1/BMJ5OX~L.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54975/2/BYJEKB~8.PDF