<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan\r\nmenggunakan metode STAD dan jigsaw terhadap kemampuan presentasi dan\r\nhasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di Kelas VII MTs N Lab. UIN\r\nYogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 semester genap pada pokok bahasan\r\nhimpunan.\r\nJenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest only control\r\ndesign. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu\r\npembelajaran matematika menggunakan metode STAD dan pembelajaran\r\nmatematika menggunakan metode jigsaw, sedangkan variabel terikat yaitu hasil\r\nbelajar matematika dan kemampuan presentasi siswa. Populasi pada penelitian ini\r\nadalah siswa kelas VII sebanyak 109 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple\r\nrandom sampling sehingga diperoleh dua kelas ekperimen yaitu kelas eksperimen\r\n1 dengan jumlah 37 siswa, kelas eksperimen 2 dengan jumlah 35 siswa dan kelas\r\nkontrol dengan jumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan lembar observasi dan posttest. Lembar observasi digunakan untuk\r\nmengukur kemampuan presentasi dan posttest digunakan untuk mengukur hasil\r\nbelajar. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Kruskal-\r\nWallis.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD lebih efektif dibanding\r\npembelajaran dengan metode jigsaw terhadap kemampuan presentasi siswa. Hal\r\nini dapat dilihat dari nilai sign.uji Mann-Whitney yang kurang dari 0,05, yaitu\r\n0,000 < 0,05. Pada hasil belajar, hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa\r\nterdapat mean satu kelas sampel yang berbeda, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,009\r\n< 0,05. Kemudian, dari hasil uji lanjut dengan Mann-Whitney terhadap kelas\r\neksperimen 1 dan kontrol, terlihat bahwa metode STAD lebih efektif dibanding\r\nmetode konvensional, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,005 < 0,05. Dari hasil uji\r\nMann-Whitney terhadap kelas eksperimen 2 dan kontrol terlihat bahwa metode\r\njigsaw tidak lebih efektif dibanding metode konvensional, ditunjukkan oleh nilai\r\nsign. 0,252 > 0,05. Kemudian, dari hasil uji Mann-Whitney terhadap kelas\r\neksperimen 1 dan eksperimen 2 terlihat bahwa metode STAD lebih efektif\r\ndibanding metode Jigsaw, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,031 < 0,05."^^ . "2012-06-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07600079"^^ . "Saiful Amri"^^ . "NIM.: 07600079 Saiful Amri"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #54979 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .