eprintid: 54992 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/49/92 datestamp: 2022-11-10 08:18:03 lastmod: 2022-11-10 08:18:03 status_changed: 2022-11-10 08:18:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Santika Komaladewi, NIM.: 07680021 title: PENGARUH PENDEKATAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA UII YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pendekatan SAVI, Media Audio Visual, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar. belajar. note: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif materi sistem reproduksi manusia, (2) mengetahui pengaruh pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek afektif siswa materi sistem reproduksi manusia, (3) mengetahui pengaruh pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek psikomotor siswa materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan pretestposttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA UII. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas XI IPA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 1 (kelas kontrol). Analisis data hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan t-test for two independent sampel, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whiteney U. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis maka diketahui (1) terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan terdapat perbedaan rerata hasil belajar biologi pada aspek kognitif kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t hitung sebesar -4,334 dengan p-value sebesar 0,000 (< 0,05), (2) terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar biologi pada aspek afektif menunjukan terdapat perbedaan rerata hasil belajar afektif kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 31,50 dengan p-value sebesar 0,000 (< 0,05), (3) terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual terhadap hasil belajar psikomotor menunjukan terdapat perbedaan rerata hasil belajar biologi pada aspek psikomotor kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 0,000 dengan pvalue sebesar 0,00 (< 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada aspek kognitif, (2) penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada aspek afektif dan (3) penggunaan pendekatan SAVI dengan media audio visual pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada aspek psikomotor pada pembelajaran biologi materi sistem reproduksi manusia di SMA UII Yogyakarta. date: 2012-07-17 date_type: published pages: 274 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Santika Komaladewi, NIM.: 07680021 (2012) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54992/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54992/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf