@phdthesis{digilib54999, month = {March}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07600038 Siti Tursilawaty}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd. dan Mulin Nu?man, M.Pd.}, keywords = {Alat Peraga, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54999/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dalam pembelajaran matematika menggunakan alat peraga dan siswa yang tidak menggunakan alat peraga dan untuk mengetahui apakah hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika tanpa menggunakan alat peraga di Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun Pelajaran 2011/2012 semester genap pada pokok bahasan himpunan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain perbandingan kelompok statik (the static group comparison). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran matematika menggunakan alat peraga; variabel terikat yaitu adalah hasil belajar matematika dalam ranah kognitif; beberapa variabel kontrol yaitu materi, guru, dan strategi pembelajaran. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok sebanyak 141 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling dengan uji kemampuan siswa di setiap kelas menggunakan uji ANOVA sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 37 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dengan alat analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dua pihak dan satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dalam pembelajaran matematika menggunakan alat peraga dan siswa yang tidak menggunakan alat peraga yang diketahui dari nilai Asymp sig(2-tailed) , yaitu 0,011 dan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga lebih efektif terhadap hasil belajar matematika dibandingkan dengan tanpa menggunakan alat peraga yang ditunjukkan oleh nilai sig.(1-tailed) yaitu 0,0055 {\ensuremath{<}} 0,05.} }