@phdthesis{digilib55004, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 WINONG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08600092 Yaya Endira Istivawati}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si.}, keywords = {Pembelajaran Matematika, Quantum Teaching, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Motivasi Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55004/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan quantum teaching dengan pendekatan open ended yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah luas dan keliling segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Winong kelas VII tahun ajaran 2011/2012. Penentuan kelasnya diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, lembar observasi motivasi belajar siswa, dan teknik wawancara. Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis skor posttest kemampuan berpikir kreatif siswa dengan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, artinya skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji angket motivasi belajar siswa juga menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang artinya skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa quantum teaching dengan pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 2 Winong.} }