TY - THES N1 - Pembimbing: Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc. ID - digilib55006 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55006/ A1 - Tri Yuliyanto, NIM.: 07600048 Y1 - 2012/05/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (2) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain Nonequivalent Control Group Design di mana subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 4 Banguntapan, Bantul kelas VIII tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil gain, sedangkan data keterampilan sosial siswa diperoleh dari data rata-rata skor pengamatan atau observasi keterampilan sosial siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dengan program microsoft excel untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal pemahaman konsep matematika siswa. Program SPSS versi 16.0 digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis untuk pemahaman konsep matematika diuji dengan Uji T sampel Independen, sedangkan hasil keterampilan sosial siswa di uji dengan menggunakan bantuan software microsoft excell 2007 dan uji Mann-Whitney untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan data rata skor lembar observasi keterampilan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens terhadap pemahaman konsep matematika siswa lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Sedangkan untuk keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens terhadap keterampilan sosial siswa lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Time Tokens KW - Model Pembelajaran Konvensional KW - Pemahaman Konsep Matematika KW - Keterampilan Sosial Siswa. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN, BANTUL AV - restricted EP - 246 ER -