<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus)"^^ . " ABSTRAK Dwi Qorina. Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan Ditinjau dari Teori Multile Intelligences (Studi Kasus di Kelas VII SMP Islam Pekalongan, Kota Pekalongan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan yang didalamnya tercakup tujuan pembelajaran, guru, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran ditinjau dai teori Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study approach) dan mengambil subjek penelitian di SMP Islam Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan guru bahasa Arab kelas VII, dan sebagian siswa/siswi kelas VII SMP Islam Pekalongan. Analisis data dilakukan dengan dengan cara mendeskripsikan, mengklasifiaksi, menganalisis, kemudian menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta mengambil keputusan yang kemudian disampaikan. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semuadata terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan ditinjau dari teori Multiple Intelligences sudah melibatkan beberapa jenis kecerdasan, anatara lain kecerdasan linguistic, spasial, musical, logika, dan kinestetik, (2) guru bahasa Arab telah berperan baik sebagai motivator dan fasilitator dan bertindak reatif dalam mengaplikasikan berbagai variasi metode pembelajaran, tetapi guru kurang optimal dalam melakukan eksplorasi bakat, minat, dan kecerdasan siswa, (3)materi-materiyang terkandung dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas VII secara substansial bersifat riil dan dekat dengan siswa secara psikologi, dan memuat kecerdasan linguistic, interpersonal, spasial, naturalis, dan logika matematis, (4) media pemeblajaran yang digunakan bervariasi, seperti benda-benda konkret, lagu, dan fim yang mampu merangsang berbagai macam kecerdasan siswa, (5) metode yang diterapkan oleh guru bervariasi mulai dari kerja kelompok, membaca keras, simulasi, jalan-jalan di alam, bernyanyi, dan menonton film sehingga mampu melibatkan berbagai macam jenis kecerdasan siswa, (6) evaluasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran bervariasi yaitu tes yang berupa ulangan harian, ujian mid semester, ujian semester, dan ujian akhir seklah; dan ujian non tes yang berupa penilaian sikap dan minat siswa yang kesemuanya melibatkan berbagai jenis kecerdasan siswa. div "^^ . "2011-02-07" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "/S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "DWI QORINA - NIM. 05420012 "^^ . " DWI QORINA - NIM. 05420012 "^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Text)"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . . "PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #5501 \n\nPROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .