relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5502/ title: PENGGUNAAN METODE TSAQIFA DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH (Studi Eksperimen pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Wates Kulon Progo) creator: ECEP RAHMAT HIDAYAT, NIM. 04420891 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: ABSTRAK Penulis memulai penelitian ini berawal karena kegelisahan terhadap kondisi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo. Diantara mereka masih banyak yang belum mengenal dan membaca tulisan arab. Berdasarkan usia dan masa pendidikannya, semestinya mereka sudah mampu membaca (contoh: al-Qur'an). Kondisi ini tergambar pada saat penulis melaksanakan PPL-KKN integratif di sekolah tersebut pada tahun 2009-2010. Oleh karena itu, penulis tergerak untuk membantu memberikan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut, yaitu dengan penerapan metode Tsaqifa pada pembelajaran qiro'ah. Oleh karena itu, penulis mengambil judul skripsi Penggunaan Metode Tsaqifa dalam Pembelajaran Qira'ah (Studi Eksperimen pada Kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen metode Tsaqifa dalam pembelajaran Qiro'ah pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo. Melalui penelitian ini, penulis ingin mencari bagaimana cara penerapan metode Tsaqifa serta efektifitasnya dalam pembelajaran qiro'ah pada kelas VIII MTs muhammadiyah wates Kulon Progo. Dalam eksperimen ini, terdapat populasi siswa yang terbagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas kontrol berjumlah 18 siswa. Eksperimen ini dilaksanakan dalam lima kali pertemuan untuk setiap kelasnya pada semester genap tahun ajaran 2009-2010 dengan menggunakan instrument pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode Tsaqifa dalam pembelajaran qiro'ah pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kuon Progo cukup mudah dilaksanakan. Hasil penelitian statistik menyimpulkan bahwa dengan df = 44, setelah dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5 % dapat dinyatakan bahwa harga t0 harga t tabel , yaitu t0 = 5,876 t tabel = 2,015. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima dan dapat diputuskan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran qira'ah kelas eksperimen yang menggunakan metode Tsaqifa pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo dengan hasil pembelajaran qira'ah pada kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode tsaqifa. Dengan demikian, penggunaan metode tsaqifa dalam pembelajaran Qira'ah pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Wates Kulon Progo cukup efektif untuk dijadikan sebagai salah satu metode alternatif guna memperoleh kemampuan siswa dalam pengenalan huruf hijaiyah dan membaca teks (tulisan) bahasa arab. div date: 2011-02-07 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5502/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5502/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: ECEP RAHMAT HIDAYAT, NIM. 04420891 (2011) PENGGUNAAN METODE TSAQIFA DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH (Studi Eksperimen pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Wates Kulon Progo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.