%A NIM.: 08470052 Ery Pransiska %O Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag. %T NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL ELIANA KARYA TERE LIYE DAN RELAVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM %X Latar belakang penelitian ini bahwa nilai pendidikan moral di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat diperlukan media pembelajaran yang lebih modern, rasional, komprehensif, mudah ditangkap dan dihayati oleh anak didik. Novel selain sebagai media hiburan, seharusnya mampu lebih diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan khususnya pendidikan moral. Terutama dalam novel yang mengangkat tema pendidikan, yang banyak mengandung nilai pendidikan moral seperti novel Eliana. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai pendidikan moral apa saja yang terkandung dalam novel Eliana karya Tere Liye dan bagaimana implementasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan novel Eliana yang diasumsikan mengadung nilai pendidikan moral dan juga mengetahui relavansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Eliana. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan semiotik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analisis) yaitu teknik membuat rumusan kesimpulan dengan mengidentifikasi pesan dari teks secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Eliana terdapat nilai moral yaitu, (1) Moral terhadap Tuhan meliputi: ibadah, takut kepada Tuhan, menerima Takdir, berdo’a, bersyukur. (2) Moral Individu meliputi: Pemberani, pemaaf, berkata jujur, disiplin, ikhlas, usaha, sabar, berprasangka baik, kerja keras, tanggung jawab. (3) Moral terhadap keluarga meliputi: menghormati orang tua, membantu orang tua, kasih sayang orang tua, patuh terhadap orangtua. (4) Moral terhadap masyarakat meliputi: memberi sedekah, tolong-menolong, menepati janji. (5) moral terhadap alam meliputi: mencintai alam dan menjaga alam. (6) moral buruk meliputi: iri hati, buruk sangka, dendam, berbohong, mudah menyerah, mengolok-ngolok, dan tidak bertegur sapa. Adapun relavansinya nilai pendidikan moral dengan pendidikan Islam adalah bahwa pendidikan moral memilki ruang lingkup dan tujuan yang lebih spesifik sedangkan niali pendidikan Islam lebih luas. Maka dapat disimpukan bahwa ada relavansi antara pendidikan moral dengan pendidikan Islam. %K Tere Liye, Novel Eliana, Pendidikan Moral %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55026