@phdthesis{digilib55030, month = {July}, title = {MANAJEMEN KURIKULUM PAUD DI PESANTREN ANAK SHOLEH AL-QIEMAH SAWANGAN MAGELANG (KAJIAN MATERI DAN METODE)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08470001 Faizah Ikasari}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.}, keywords = {Manajemen Kurikulum, PAUD PAS Al-Qiemah, Kajian Materi dan Metode.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55030/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen kurikulum PAUD di Pesantren Anak Sholeh Al-Qiemah Sawangan yang lebih di fokuskan pada kajian materi dan metode. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses manajemen kurikulum PAUD di Pesantren Anak Sholeh Al-Qiemah Sawangan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari proses manajemen kurikulum PAUD yang ada di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pesantren Anak Sholeh Al-Qiemah Sawangan, Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trigulasi dengan sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui alat yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses manajemen kurikulum PAUD di Pesantren Anak Sholeh (PAS Al-Qiemah) Sawangan meliputi: Perencanaan kurikulumnya merujuk pada PERMENDIKNAS nomor 58 tahun 2009, pada pelaksanaan kurikulum PAUD di PAS Al-Qiemah yaitu dengan mengintegrasikan antara materi pelajaran umum yang dibuat HIMPAUDI kabupaten Magelang dengan materi pelajaran kepesantrenan, serta pada evaluasi kurikulum PAUD di PAS Al-Qiemah ini merupakan hal penting juga bagi PAS Al-Qiemah untuk mengetahui keberhasilan kurikulum yang selama ini telah direncanakan dan bahkan telah dilaksanakan. (2) Pengelolaan materi dan metode pembelajaran dalam manajemen kurikulum PAUD di PAS Al-Qiemah Sawangan meliputi perencanaan serta pelaksanaan pengajaran materi dan metode pembelajaran yang didapati beberapa ustadzah dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan perencanaanya. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pengelolaan materi dan penggunaan metode pembelajaran PAUD di PAS Al-Qiemah baik dari segi perencanaan dan pelaksanaanya dilihat dari keadaan serta kinerja para ustadzahnya dalam memanajemen kurikulum lembaga.} }