%0 Thesis %9 Skripsi %A Faricha Irawati, NIM.: 08420117 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55031 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Accelerated Learning, Prestasi Belajar, Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) %P 221 %T UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MODEL ACCELERATED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DI KELAS VIII A MTS DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH GALUR KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55031/ %X Penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model Accelerated Learning menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Bahasa Arab siswa di kelas VIII A MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo dan berapakah tingkat signifikansi yang diperoleh pada minat dan prestasi belajar bahasa Arab siswa di kelas VIII A MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif, dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling, yaitu dilakukan cara mengambil sampel dengan pertimbangan tertentu, sampel yang diambil adalah kelas VIII A Mts Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes prestasi belajar, dan wawancara. Untuk menguji keampuhan instrument menggunakan Uji Validitas dengan rumus product moment dan Uji Reliabelitas dengan mrumus Sperman Brown, analisis datanya menggunakan Uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Accelerated Learning menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VIII A Mts Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo, dan terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran dengan model Accelerated Learning menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Arab. %Z Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag